Selasa, Maret 01, 2011

Warning: Manfaat tidak neh??

Manfaat itu apa seh???
pertanyaan itu tiba-tiba terlontar dan tertuju padaku. Duh, dalam hati, sempet mikir panjang juga seh, manfaat...manfaat....apa ya...ya manfaat....
Kata yang sering kita ucapkan memang kalau di tanya definisinya apa, suka bingung menjawabnya. Akhirnya satu-persatu anggota forum itu mengemukakan pendapatnya. 
Manfaat pada intinya adalah segala sesuatu yang mempunyai nilai tambah bagi timbangan amal kebaikan kita kelak di akhirat. Jika kita merujuk pada pengertian diatas, maka tidak ada istilah manfaat itu relatif. Dalam arti manfaat bagi diri sendiri belum tentu bermanfaat bagi orang lain. Namun, Segala sesuatu yang bermanfaat, pada ujung-ujungnya akan bermanfaat juga bagi orang lain, meskipun pada awalnya kita lakukan untuk diri kita sendiri. Segala sesuatu yang kita kembalikan kepada Allah, ujung-ujungnya akan menjadi kebaikan, setidaknya akan bernilai ibadah bagi kita. 

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. 

Lalu, pertanyaan berikutnya adalah... sesering apa kita menimbang-nimbang, apa yang kita lakukan itu bermanfaat atau tidak???
Biasanya kontrol terhadap itu ya diri kita sendiri. Jika kita sedang sadar, biasanya alarm hati kita itu sudah bisa mendeteksi apa yang kita lakukan itu bermanfaat atau tidak. Tapi, tindakan selanjutnya yang memilih kita juga, apakah mau terus dilakukan atau berhenti sampai disini. Kalau ternyata alarm hati kita tidak secepat reaksi yang kita inginkan bagaimana?? kita jadi banyak ga sadarnya. Nah, kalau sudah begini ada baiknya kita mengingat-ingat lagi...kapan terakhir kita mengingat Allah, berdzikir pada-Nya. ya bisa lewat apa aja ya, bukan secara lisan aja menyebut asma-Nya, tapi juga tanda-tanda kekuasaan-Nya melalui makhluk ciptaan-Nya. 

Hanya ada 2 pilihan manfaat atau madhorot. So, saling mengingatkan ya....supaya setiap perbuatan kita selalu bermanfaat. 

Saya share dari hasil kajian tadi siang di Al-Amin. semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar