Selasa, Februari 22, 2011

Buat apa Stres????

Kata orang Sunda mah "rizki, jodo, pati jeung cilaka" itu dah diatur. Yup, sebagai orang yang mengenal agama, keyakinan akan ketentuan Allah akan setiap jengkal kehidupannya merupakan suatu keniscayaan. Maka, bagi seorang Muslim, seharusnya tidak ada yang akan stress dalam menghadapi kehidupan. Kalau dipikir buat apa juga stress kalau untuk urusan dunia, toh dah ada yang ngatur. eit,...tapi,..ada syaratnya ya, semuanya sudah di ikhtiar-in, semua telah diusahakan. konsep tawakkal itu kan memang bukan pasrah begitu aja tanpa ada usaha terlebih dahulu. tapi, kalau sudah usaha baru hasilnya kita serahkan kepada-Nya. 

Hal yang kecil terjadi sehari-hari. Di tengah rutinitas pergi-pulang kantor, ada hal yang mengikat kita, yaitu absen. Tau dong, absen kan sangat ngaruh kepada gaji. Ada kondisi dimana kita tidak bisa menebaknya dan bisa saja terjadi ketika ada di jalan raya. ketika kita sudah berusaha berangkat pagi tetapi ternyata terlambat, ya sudah berarti rizqi kita untuk hari itu cuma segitu.

Tidak ada suatu kebaikan pun yang menimpa diri kita kecuali semua itu sudah ditulis dalam ketentuan Allah, demikian sebaliknya, tidak ada suatu keburukan pun yang menimpa diri kita kecuali atas kehendak-Nya. Maka sudah selayaknya kita terus bersyukur atas nikmat dan karunia-Nya. 
Berbeda dengan urusan dunia, untuk urusan akhirat kita tidak boleh menisbatkannya kepada Allah. Dalam arti, ketika kita tidak sholat lalu berdalih ini sudah ketentuan Allah ya...karena dalam urusan akhirat kita sendiri yang menentukan baik buruknya. Kalau ada suatu kebaikan susah sekali kita melakukannya, maka hati-hatilah...beristighfarlah...karena sesungguhnya dosa-dosa kitalah yang menghalangi ibadah kita. 

Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang bersyukur dengan senantiasa mengikuti perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.amien...

ini saya share oleh-oleh dari kajian tadi pagi. semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar