Kamis, Januari 08, 2009

oleh-oleh dari Ustadz Ihsan Tanjung.. (bag.1)

meskipun kita telah melewati hari ke-11 di bulan Muharram ini, tapi spirit the New Year ga da salahnya kita intip kembali.

tahun Hijriyah, secara sejarah diawali dari peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Mekah ke Madinah. kenapa peristiwa hijrah yang dijadikan patokan waktu hijriyyah??
dalam sirah nabawiyyah, kita akan mengenal banyak perbedaan kondisi umat Islam pada sebelum dan sesudah Hijrah. kalau pada sebelum Hijrah umat Islam itu minoritas, terbatas ruang gerak, dan tertindas, maka sebaliknya, setelah hijrah, kondisi umat Islam menjadi mayoritas, memiliki kebebasan ruang gerak dan menjadi policy maker (penentu kebijakan).
itulah salah satu alasan kenapa peristiwa hijrah menjadi sangat penting dan dijadikan patokan kalender hijriyyah.
maka 1430 itu bukan umur umat Islam, tapi umur Umat Islam dimulai sejak Nabi Muhammmad SAW diangkat menjadi Rasul,. jadi 1430+13. karena peristiwa hijrah terjadi pada tahun ke-13 setelah kenabian.

hal lain yang perlu dicatat dan kita ingat adalah, sejarah turunnya wahyu-wahyu Allah SWT.
Allah SWT itu mula-mula menurunkan wahyu tentang ilahiyyah, perintah menyembah Allah, dengan menceritakan tentang surga dan neraka. setelah semua orang telah terpaut hati-nya dengan Allah, maka barulah Allah menurunkan perintah daftar Halal dan Haram. dengan begitu, akan sangat mudah bagi mereka yang beriman untuk meninggalkan hal-hal yang selama ini menjadi kebiasaan buruk mereka. sami'na wa atho'na.

itulah yang seharusnya dicontoh, jika mau menyebarkan syariat Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar