Rabu, September 30, 2009

selamat lebaran


tak terasa bulan ramadhan telah dilewati. sekarang kita telah memasuki bulan syawal. sudah menjadi kebiasaan setiap idul fitri datang maka ucapan 'minal 'aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan bathin' pun sepertinya akan diucapkan oleh semua orang. namun, saya sempet bingung, apakah arti dari ungkapan minal 'aidzin wal faidzin itu sama dengan mohon maaf lahir dan bathin????
saya mengutip dari web warna Islam, dan berikut penjelasan ustadz Ahmad Sarwat, Lc.
lafadz minal a'idin wal faidzin merupakan doa yang terpotong, arti secara harfiyahnya adalah: termasuk orang yang kembali dan menang.

Lafadz ini terpotong, seharusnya ada lafadz tambahan di depannya meski sudah lazim lafadz tambahan itu memang tidak diucapkan. Lengkapnya ja'alanallahu minal a'idin wal faidzin, yang bermakna semoga Allah menjadi kita termasuk orang yang kembali dan orang yang menang.

Namun sering kali orang salah paham, dikiranya lafadz itu merupakan bahasa arab dari ungkapanmohon maaf lahir dan batin. Padahal bukan dan merupakan dua hal yang jauh berbeda.

Lafadz taqabbalallahu minna wa minkum merupakan lafadz doa yang intinya kita saling berdoa agar semua amal kita diterima Allah SWT. Lafadz doa ini adalah lafadz yang diajarkan oleh Rasulullah SAW ketika kita selesai melewati Ramadhan.

Jadi yang diajarkan sebenarnya bukan bermaaf-maafan seperti yang selama ini dilakukan oleh kebanyakan bangsa Indonesia. Tetapi yang lebih ditekankan adalah tahni'ah yaitu ucapan selamat serta doa agar amal dikabulkan.

Meski tidak diajarkan atau diperintahkan secara khusus, namun bermaaf-maafan dan silaturrahim di hari Idul Fithri juga tidak terlarang, boleh-boleh saja dan merupakan 'urf (kebiasaan) yang baik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar