Rabu, April 29, 2009

Journalist day

Pasti semua telah mengenal istilah 5W 1H. Bagi seorang jurnalis, ini adalah skill yang mutlak dimiliki, karena 5W 1H ini menjadi dasar pembuatan berita ataupun artikel yang baik.
Inilah salah satu oleh-oleh dari acara journalist day 2009, yang mengangkat tema ‘Citizen Journalism’ 26 April 2009, kemarin. Aku termasuk salah satu yang beruntung, karena bisa bertemu dengan orang-orang yang sangat menginspirasi, terutama Bapak Budiyanto (cameraperson Metro Tv yang pernah ditawan oleh militan Irak bersama Mutia Hafid).
Bisa ditebak dong, ilmu apa yang bisa aku dapatkan dari acara ini?
Sesi pertama,
dibuka dengan talkshow oleh Vivi Aleyda Yahya tentang “pembaca berita dan interview”. Sempat nyesel juga, karena tak bisa mencoba baca berita di depan kamera TV...ih, rugi banget. Tapi, apa mau dikata, toh karena tadinya hanya iseng datang, jadinya belum cukup ‘panas’ untuk bisa jadi audience yang aktif.
Sesi pertengahan, rasanya kurang bisa maksimal. Suasana diriku sudah tidak kondusif,. Yang aku dapat, cuma kata-kata bahwa semua orang bisa menjadi jurnalis. Inilah yang disebut citizen jurnalism, dimana setiap kita (siapapun itu) bisa saja menjadi penyampai berita, baik dalam bentuk video, foto ataupun artikel. Termasuk media ini, BLOG. Ketika blog bisa menjadi sarana yang bisa berguna bagi orang lain, maka itu adalah salah satu partisipasi kita sebagai citizen journalism. Sempet merasa tersindir juga, ketika dibilang bahwa blog itu sebaiknya bukan hanya sebuah media ‘curhat’ yang isinya Cuma celotehan pribadi, tapi harusnya menjadi media yang bermanfaat bagi khalayak ramai. Simpel jika kita tahu ilmunya,. Yaitu 5W 1 H tadi, yang menjadi kunci supaya kita bisa meramu suatu kejadian sehari-hari menjadi sebuah tulisan ataupun informasi yang berguna bagi orang banyak. Hhmm, so inspired me.
terakhir,...inilah sesi yang paling aku suka. Bersama kameramen Budiyanto. Beliau menjadi salah satu orang yang sangat menginspirasiku. Beliau sangat energik, seperti ringan sekali tubuh beliau. Tuntutan profesi, menurutnya.
Poin pertama adlah hidup sehat. Jangan berfikir kalo pekerjaan yang hanya duduk menghabiskan waktu di depan komputer, itu hal yang baik. Banyak lah olahraga. Pola makan sehat, istirahat cukup, jangan pernah begadang kecuali jika tuntutan pekerjaan.
Poin kedua, jangan sepelekan hal yang kecil, seperti kotak P3K. Kemanapun beliau pergi, beliau tidak pernah lepas dari kotak itu, karena hal yang kecil, bisa saja akan sangat berguna karena kita tidak tahu apa yang akan teradi. Mungkin ini tdak berlaku bagi seorang cameraman, yang memang tugasnya di lapangan, tapi tidak ada salahnya kita juga bersikap seperti itu. Benar kan??



Tidak ada komentar:

Posting Komentar